Thursday, September 24, 2009

Illuminati

Jika anda pernah menonton Film Angels and Demon atau membacanya di Novel karya Dan Brown ini, anda pasti pernah mendengar kata Illuminati. Dalam Film tersebut diceritakan bahwa ada sekelompok orang yang menganut paham illuminati dan salah satunya yang terkenal adalah Galilei Galileo, seorang ahli antropologi yang terpaksa harus dihukum rumah seumur hidup oleh gereja akibat membuat pernyataan bahwa pusat alam semesta bukan bumi, melainkan matahari.

 

illuminati_detail Pernyataan tersebut dianggap menyinggung gereja karena secara tidak langsung menyatakan bahwa Tuhan dengan sengaja menempatkan pusat kehidupan di planet lain. Sejak saat itu illuminatus diburu oleh para kaum gereja. Mereka diburu dan diberi stamp salib didada mereka baru kemudian dibunuh. Illuminati kemudian bergerak dari bawah tanah sebagai sebuah kelompok rahasia yang paling dicari oleh gereja. Para illuminatus yang melarikan diri kemudian bertemu dengan kelompok rahasia lainnya yaitu kelompok ahli batu yang bernama Freemasonry atau lebih sering disebut sebagai kelompok Mason

 

Illuminati sendiri menurut sejarahnya adalah sebuah persaudaraan kuno yang diyakini sampai saat ini masih ada, walaupun tidak ada bukti – bukti yang menunjukkan keberadaan Illuminati itu sampai saat ini. Para penganut Illuminati disebut Illuminatus. Para Illuminatus adalah sosok orang – orang yang mencari jawaban apa yang disebut agama sebagai misteri Tuhan. Menurut mereka dengan ilmu pengetahuan tidak ada lagi misteri Tuhan, semua ada jawabannya.

 

bg_1205_ritual_firesml

Illuminati pertama kali didirikan oleh Adam Weishaupt, seorang pendeta katholik yang kemudian mendirikan perkumpulan rahasia ini. Menurut sejarahnya, ia beserta organisasi yang dipimpinnya memiliki pandangan-pandangan yang menyimpang dari ajaran resmi gereja Katolik, sehingga ia diekskomunikasi (dilarang mengajarkan pahamnya) oleh gereja dan dikeluarkan dari kelompok gereja kristian. Kelompok Illuminati juga sering disebut Illuminati Order dan Bavarian Illuminati dan pergerakannya disebut sebagai Illuminism. Perkumpulan ini sendiri baru terungkap pada 1 Mei 1776, di ingolstadt, yang pada saat itu masih diajarkan oleh Adam Weishaupt.



2 comments:

DeRrY said...

Kalo di Indonesia namanya kelompok Eden... Hehehe...

Mike said...

DeRrY:
beneran?
ohhh..
kalo gitu topik kita selanjutnya Eden :D

Post a Comment